hukum membaca dan menulis alqur'an dan alhadits dengan bahasa ajam saja

assalamualaikum.wr.wb.kaum muslimin yang dicintai allah,perkenankan saya memberikan beberapa penjelasan tentang hukum membaca dan menulis alqur'an dan alhadits dengan bahasa ajam saja.
banyak sekali orang muslim tapi membaca atau menulis al qur'an dan hadits hanya dengan bahasa ajam saja,pelaku terbanyak adalah mereka yang menulis di majalah majalah dan di website ataupun blog.
saya juga pernah menegur beberapa admin situs karna menulis alqur'an maupun hadits dengan bahasa ajam saja,namun sayangnya tidak ada yang meresponnya,entah setan apa yang hinggap dihatinya atau sekeras apa hatinya saya sendiri tidak tahu.
padahal seorang muslim itu selalu bisa menerima peringatan apalagi peringatan itu didasari dengan dalil dalil yang diambil dari alqur'an maupun hadits sebagaimana firman ALLAH SWT وذكر فان الذكر تنفع المؤمنين
dan memberilah peringatan,karna peringatan itu bermanfaat bagi orang orang yang beriman (adzdzariyat 55)
dilihat secara dhahir maupun makna mafhum ayat diatas jelas menunjukkan bahwa kita wajib memberi peringan kepada sesama muslim.
anda juga bisa melihat tafsirannya surah al'ashr sebagai tawkid atau muwaqqad ayat diatas
secara mafhum muwafaqah ayat diatas menjelaskan bahwa seharusnya orang mukmin selalu bisa menerima peringatan muslim yang lain (sesama muslim).
ALLAH SWT berkali kali menyebutkan bahwa alqur'an itu arab bukan ajam diantaranya firman ALLAH SWT di surat azzuhruf ayat 3
arra'd ayat 39
surat al ahzab ayat 3 dan ayat ayat yang lain.
coba anda baca ayat diatas baik baik,anda lihat tafsirannya,anda renungkan,anda hayati dengan hati yang bersih dan pastinya anda juga harus faham ilmu ilmu tafsir dan ummul qur'an,kalau perlu juga qawaidul qur'an dan balaghahnya insya allah anda akan merasa sangat sayang untuk tidak menulis alqur'an lengkap dengan arabnya dan anda tidak akan berani menulis alqur'an atau membacanya dengan bahasa ajam saja.
adapun ayat alqur'an yang banyak dipakai untuk menjelaskan keharaman membaca dan menulis alqur'an dengan bahasa ajam saja adalah ayat alqur'an dalam surat azzumar ayat 28
قرءانا عربيا غير ذي عوج لعلهم يتقون 
(Ialah) Al-Qur'an dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertakwa.
penjelasan keharaman membaca alqur'an dengan bahasa ajam saja biasa dibahas didalam kitab qori'ah dan dalam kitab kitab ushulut tafsir
dan yang paling simple bisa anda lihat di zaynul kirom fi adabi qiroatil qur'an:
لا يقرء القران بالعجمية
"dan janganlah membaca al qur'an dengan bahasa ajam"
anda juga bisa lihat di zubdatul itqan.
al ustadz m.ma'shum juga berkata,sungguh kasian orang islam yang membaca dan menulis alqur'an dan alhadits dengan bahasa ajam saja,dia menyatakan dirinya islam tapi tidak tahu ilmu islam sampai merubah apa yang sudah qad'iyah dalam islam.
dalam kitab asasu ta'limil ahadits juga dijelaskan keharaman menulis dan membaca alqur'an dan alhadits dengan bahasa ajam saja
يحرم قراءة الحديث  بالعجمية كتحريم قراءة القران بالعجمية
haram membaca hadits dengan bahasa ajam saja seperti haramnya membaca alqur'an dengan bahasa ajam saja.
sekian dari saya,semoga tulisan ini bermanfaat dan semoga anda yang sudah biasa menulis alqur'an dan alhadits dengan bahasa ajam saja mendapat hidayah untuk bertobat dan merubah tulisan anda lengkap dengan bahasa arabnya.amin wassalamualaikum.wr.wb.
artikel terkait:

12 komentar:

  1. kalau ada kendala untuk menulis lengkap dengan arabnya gimana gan?
    soalnya kadang setelah ngopy ayat alqur'an lalu dipstekan diblog ternyata arabnya rusak,karna repot jadi dicukupkan dengan menulis artinya saja,mohon jawabannya gan ya.
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita kembalikan kepada hukum dasarnya saja.
      kalau hukum dasarnya wajib,maka wajib.
      kalau hukum dasarnya haram,maka haram.
      hukum dasarnya itu dilihat dari hukum penulisannya.
      hukum penulisan al qur'an dengan bahasa ajam saja itu kan haram?!berarti hukum melakukannya haram.
      itu nanti bisa makfu klau penulisan anda itu hukumnya wajib

      Hapus
  2. Saya suka blog Anda, saya berharap untuk melihat lebih banyak dari Anda. Apakah Anda menjalankan situs lain?

    BalasHapus
  3. terima kasih.
    ya ada,malah cukup banyak mas

    BalasHapus
  4. assalamu alaikum warohmatullahi waberokatuh.alhamdulillah saya bisa ketemu blog pendidikan islamiyah di internet semoga bisa menjadi penerang jalan hidupku dijalan ALLAH SWT yakni ISLAM. saya mau bertanya:apakah perbedaan antara ahlusunnah waljama'ah dan wahabi didunia akan menjadi perbedaan tempat juga nantinya diakhirat?..kalau memang beda tempat diakhirat golongan manakah yang akan terjerumus kedalam NERAKA,dan golongan mana yang selamat dari NERAKA?...terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. manusia biasa@yang anda maksud yang mana?
      saya kaji lagi dari postingan diatas tidak ada sama sekali yang berkaitan dengan pertanyaan anda

      Hapus
  5. maaf apa bila pertanyaan saya tidak ada kaitannya dengan postingan diatas,saya cuma sekedar bertanya saja karena sekarang sangat banyak jenis islam.terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahabi dan ahlus sunnah wal jama'ah jelas sangat beda,terutama mengenai pemahaman kepada allah dan pengagungan kepada utusannya,jadi jelas mereka tidak akan sama di akhirat.
      ahlus sunnahlah yang akan berada di surga,namun,asal dia benar benar menjalankan ajaran yang ada di ahlus sunnah.
      untuk mengetahui apa itu ahlus sunnah coba anda baca di http://situsbloggermuslim.blogspot.com/2012/04/definisi-ahlus-sunnah-wal-jamaah.html

      Hapus
  6. kalo hadis juga haram?kok diatas gak ada dalilnya?hanya ada pembahasan seorang ulama?

    BalasHapus
  7. oya cuman ngasih saran kan hukumnya haram kalau gitu tulisan arab diatas jangan pake arab gundul aku gak bisa baca

    BalasHapus