haramkah belajar bahasa inggris?

assalamualaikum.wr.wb. kali ini saya akan membahas mengenai hukum belajar bahasa inggris "haramkah belajar bahasa inggris?" pembahasan seperti ini sebenarnya sudah banyak yang membahas  tapi tidak ada salahnya kalau saya ikut membahasnya disini.
haramkah belajar bahasa inggris?
sebelum menghukumi sebaiknya kita lihat dulu niat dan keadaan orang yang belajar bahasa inggris tersebut.
kalau hukum ashalnya belajar bahasa inggris itu bisa dikatakan haram,karna bahasa inggris pada umumnya bahasa orang nasrani,sedangkan orang islam tidak boleh meniru atau menyerupai orang nasrani/kafir maupun ahlul maksiat.diperkuat oleh banyak qaul qaul ulama' yang sangat keras larangannya untuk berteman atau mendekati orang orang yang fasiq atau lebih dari fasiq (kuffar).
ada juga yang mengatakan haram berbicara atau belajar bahasa inggris atau bahasa ajam lainnya kalau orang tersebut orang islam yang ada didaerah arab sebagaimana perkataan sayyidina umar bin khaththab:


لاَ تَعَلَّمُوا رَطَانَةَ الأَعَاجِمِ وَلاَ تَدْخُلُوا عَلَى الْمُشْرِكِينَ فِى كَنَائِسِهِمْ يَوْمَ عِيدِهِمْ فَإِنَّ السُّخْطَةَ تَنْزِلُ عَلَيْهِمْ 

“Janganlah kalian mempelajari percakapan bahasa Ajam. Dan janganlah kalian memasuki gereja-gereja orang-orang musyrik ketika hari raya mereka karena murka (Allah) turun kepada mereka.”

tapi kalau memang keberadaannya didaerah bukan arab maka tidak apa apa mempelajarinya dikarenakan untuk kebutuhan dalam komonikasi atau lainnya,seperti kita yang hidup di indonesia maka tidak apa apa mempelajari bahasa indonesia.
tapi untuk bahasa inggris tetap dilihat keadaannya baik dalam niatnya maupun amalnya.
kalau belajar bahasa inggris dikarenakan untuk berdakwah atau untuk hal lain yang berhubungan dengan syari'ah islam (contoh lainnya untuk menashhih terjemahan alqur'an inggris atau hal lainnya) maka hukumnya boleh,akan tetapi kalau dengan niat mencari uang dengan bahasa inggris atau hanya ikut ikutan apalagi berbangga hati dengan bahasa inggris maka hukumnya haram.
ada juga sebagian orang beralasan belajar bahasa inggris boleh tidak apa apa karna dengan niatan mengajar,padahal hal itu hanyalah dalilnya sendiri untuk menutupi kelakuannya yang salah,karna kalau ashalnya salah paka apa apa yang keluar dari ashal itu berarti juga haram,apalagi kalau dilihat dari fakta/keadaan orang yang mengatakan itu ternyata dia mengajarnya dikarenakan bayaran,padahal mengajar karna bayaran itu hukum haram.
dalil keharaman menggunakan atau belajar bahasa inggris adalah:
hadits nabi yang berbunyi:
من تشبه بقوم فهو منهم
barang siapa menyerupai dengan suatu kaum maka dia termasuk dalam golongan kaum tersebut.
jadi kalau belajar bahasa inggris bukan dikarenakan untuk jihad,berdakwah atau hal lain yang berhubungan dengan syari'ah islam maka hukumnya haram.
semoga bermanfaat,mohon maaf kalau ada kekeliruan.
mohon saran dan komentarnya.wassalamualaikum.wr.wb.


madzhah
penyerangan terhadap budaya
hukum membaca dan menulis alqur'an dan alhadits dengan bahasa ajam saja
ILMU MUSHTHALAH HADITS
jangan sembarangan menafsirkan alqur'an
hukum mengajamkan alqur'an dan alhadits
BELAJAR BAHASA ARAB WAJIBKAH?
haramkah belajar bahasa inggris?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar