madzhab

dibawah ini penjelasan pengertian madzhab menurut sumber wikipedia:
Madzhab: adalah istilah dari bahasa Arab, yang berarti jalan yang dilalui dan dilewati, sesuatu yang menjadi tujuan seseorang baik konkrit maupun abstrak. Sesuatu dikatakan madzhab bagi seseorang jika cara atau jalan tersebut menjadi ciri khasnya. Menurut para ulama dan ahli agama Islam, yang dinamakan madzhab adalah metode (manhaj) yang dibentuk setelah melalui pemikiran dan penelitian, kemudian orang yang menjalaninya menjadikannya sebagai pedoman yang jelas batasan-batasannya, bagian-bagiannya, dibangun di atas prinsip-prinsip dan qaidah-qaidah.
sebenarnya secara simple kita juga bisa menyebutnya "IMAM MUJTAHID/FAHAM MUJTAHID/JALAN MUJTAHID" atau dengan kata lain MADZHABIY adalah jalan/pemahaman yang saya ikuti.
cuman cara penyebutan madzhab saja itu terlalu umum,seperti qaidah kulliyah kalau dalam fiqh,jadi sulit menjelaskannya secara terperinci.
peyebutan JALAN MUJTAHID juga bisa mengarah pada ijtihad,IMAM MUJTAHID juga bisa mengarah kepada MADZHABIY,madzhab adalah suatu globalnya dari itu semua,yang sudah menjadi istilah dalam fiqh yang biasa diucapkan dalam islam mengenai ilmu ilmu fiqh
artikel lainnya:
hukum membaca dan menulis alqur'an dan alhadits dengan bahasa ajam saja
ILMU MUSHTHALAH HADITS
jangan sembarangan menafsirkan alqur'an
hukum mengajamkan alqur'an dan alhadits

mohon maaf kalau ada kekurangan atau kesalahannya,semoga manfaat dan terima kasih sudah berkunjung.
wassalamualaikum.wr.wb.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar